Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini

Monday, October 4, 2010

Ekologi & Limbah Logam Berat

Interaksi manusia dengan lingkungannya terkadang bersifat negative, interaksi antara manusia dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu yang disebut ekologi, istilah ini di temukan oleh Ernst Haeckel, salah satu interaksi yang bersifat negative yaitu mencemari tanah dan air dengan membuang limbah berbahaya tanpa diolah menjadi tidak berbahaya bagi lingkungan, salah satu contohnya pencemaran tanah dan air dengan mercury, yang dilakukan pada penambangan emas yang tidak mengolah limbahnya secara baik. Padahal jika tidak diolah dengan baik limbah yang dihasilkan pertambangan emas sangat berbahaya, karena dalam pengolahan emas terkadang ada yang menggunakan mercury, zat mercury ini digunakan untuk meningkatan laju pengendapan emas dari lumpur. Partikel merkury akan membentuk anglomerasi dengan emas sehingga meningkatkan perolehan emas.

Sebenarnya peraturan internasional sudah tidak lagi memperbolehkan penggunaan mercury untuk pertambangan pada skala besar. Jika tanah atau air tercemar oleh limbah logam berat tersebut berbahaya meskipun pada konsentrasi rendah. Hg larut dalam air dan ketika terakumulasi di perairan baik sungai atau laut dapat berdampak langsung membahayakan masyarakat dan pengaruh buruk mercury seperti tremor, kehilangan kemampuan kognitif, dan gangguan tidur dengan gejala kronis yg jelas bahkan pada konsentrasi uap mercury yang rendah 0.7–42 μg/m3. Penelitian menujukkan bahwa jika menghirup langsung mercury selama 4-8 jam pada konsentrasi 1.1 to 44 mg/m3 menyebabkan sakit dada, batuk, hemoptysis, pelemahan dan pneumonitis. Pencemaran akut mercury menunjukkan akibat parah seperti terganggunya system syaraf, seperti halusinasi, insomnia, dan kecenderungan bunuh diri. Yang lebih membahayakan adalah bahaya laten mercury. Jika masuk ke perairan, mercury akan terakumulasi pada ikan dan akan memberikan efek langsung seperti yang dijelaskan diatas jika ikan tersebut dikonsumsi.

Maka dari itu pengolahan limbah apapun yang membahayakan lingkungan seharusnya di lakukan dengan baik, karena pembuangan limbah tanpa diolah dahulu akan berdampak buruk pada lingkungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Maka dari itu peran teknologi dalam pengolahan limbah ini sangat dibutuhkan agar tidak merusak lingkunag sekitar

Sumber/Daftar Pustaka:

http://id.wikipedia.org/wiki/Ekologi

No comments:

Post a Comment